Selasa, 08 Maret 2016

Perlengkapan Mendaki Gunung yang Perlu Disiapkan

Perlengkapan Mendaki Gunung yang Perlu Disiapkan - Sebelum anda melakukan pendakian gunung maka anda perlu mempersiapkan perlengkapan dan peralatan mendaki gunung, sehingga nantinya dalam perjalanan di rimba belantara anda mempunyai bekal yang cukup sehingga perjalanan anda nantinya aman dan nyaman da tampa hambatan karena anda telah mempunyai peralatan dan perlengkapan yang memadai.  Perlengkapan mendaki gunung sangat penting sekali anda siapkan dan anda tidak boleh menyepelekan hal ini, karena di dalam hutan belantara kita tidak tau apa yang terjadi nantinya dan segala kemungkinan bisa terjadi. Karena keadaan di puncak gunung maupun di hutan belantara sangat jauh berbeda dengan keadaan di lingkungan kita sehari-hari. Kita mungkin nantinya akan menemui cuaca yang sangat ekstrim, bertemu dengan binatang buas, sehingga kita memerlukan fisik dan mental yang kuat ketika akan mendaki gunung, oleh karena itu perlengkapan mendaki gunung sangat penting sekali diperlukan untuk menjaga keselamatan kita nantinya/.

Perlengkapan mendaki gunung untuk perorangan dan kelompok

1. Tas Ransel
Tas ransel mendaki gunung berfungsi untuk menyimpan dan mengemas barang-barang bawaan kita, usahakan barang barang yang akan kita bawa semua dapat termuat dalam tas ransel kita, usahakan tidak ada barang yang dijinjing atau berada di luar tas ransel karena hal itu akan dapat mengganggu perjalanan kita nantinya. Gambar diatas adalah contoh tas ransel untuk mendaki gunung.

2. Tenda
Tenda merupakan perlengkapan mendaki gunung yang mempunya peranan yang sangat penting bagi kita, karena tenda digunakan untuk kita berteduh saat hujan dan juga berfungsi untuk sebagai tempat istirahat, dan berlindung dari cuaca yang sangat ekstrim. Ada baiknya kita menggunakan tenda dome (bukan tenda pramuka) supaya lebih mudah dan praktis dalam pemasangannya.

3. Peralatan Memasak 
Peralatan memasak untuk pendaki gunung meliputi Kompor, Nesting, Korek api, Gas, Spirtus seperti pada gambar yang tersedia diatas. selain itu kita juga perlu menyediakan peralatan makan seperti piring dan cangkir dari bahan plasting atau alumunium, sendok dan garpu.
4.  Logistik Makanan
Kita perlu bekal makanan untuk mendaki gunung, jangan sampai hal ini terlewatkan dari daftar checlist kita, bawa bahan logistik makanan yang cukup dan memadai , makanan yang menandung kalori dan gizi yang cukup. seperti pada gambar diatas misalnya roti, kopi, susu, minuman sachet,  madu, antangin JRG, sayur, beras, telur, nuggiet, sarden kaleng, minyak, cokelat, buah-buahan, bumbu dapur,  abon,  tempe, bihun, gula jawa, mentega, gula pasri garam, teh, kopi, susu, kerupuk dan lain-lain.

5. Jaket Gunung
Jaket gunung adalah perlengkapan pribadi yang wajib dibawa saat mendaki gunung, jaket disini berfungsi untuk melindungi kita dari cuaca yang ekstrim / udara dingin. Gambar diatas adalah contoh dari jaket gunung.

6. Sepatu Gunung
Sepatu gunung juga merupakan perlengkapan mendaki gunung yang wajib dimiliki oleh setiap pendaki, sepatu gunung disini mempunyai peranan yang sangat penting yaitu berfungsi untuk menerjang medan yang berat seperti medan yang becek, medan basah, medan yang berlumpur, jadi fungsi sepatu gunung disini tidak hanya berfungsi untuk melindungi kaki saja. Gambar diatas adalah salah satu model dari sepatu gunung.

7. Sarung Tangan

Sarung tangan disini berfungsi untuk melindungi anda ketika anda memegang ranting pohon saat melakukan perjalanan mendaki gunung, selain itu sarung tangan juga berfungsi untuk menahan hembusan dingin di tangan saat malam tiba.Gambar diatas adalah contoh dari sarung tangan.

8. Pakaian Outdoor
Pakaian out door pendaki gunung adalah : kaos, kemeja rimba,  kemeja flannel, topi, celana panjang, celana pendek. Gambar diatas adalah contoh model celana gunung.

9. Matras Gunung
Matras gunung disini mempunyai fungsi sebagai alas untuk tidur, maupun landasan untuk kita duduk. Gambar diatas adalah contoh gambar matras gunung.

10. Senter Gunung
Senter Gunung disini sangat penting da berguna sekali terutama pada malam hari sebagai alat untuk penerangan, Gambar diatas adalah contoh model dari senter gunung.

Selain itu persiapkan juga alat kesehatan dan P3k :
• Tabung oksigen
• Tisu (basah dan kering)
• Kapas
• Sunblock
• Betadine
• Obat diare
• Alkohol
• Parasetamol
• Obat mata (visine)
• Obat Alergi (CTM)
• Kain kassa/perban
• Oralit
• Plester (Hansaplast)
• Minyak kayu putih


Itulah tadi tips dari kami mengenai perlengkapan mendaki gunung yang perlu disiapkan, semoga bisa bermanfaat bagi anda ketika hendak mendaki gunung untuk dapat mempersiapkan perlengkapan mendaki gunung. semoga bermanfaat dan terimakasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar